Membuat blog tidak harus selalu tentang menulis seperti persepsi masyarakat pada umumnya. Meskipun itu menjadi salah satu komponen penting.

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses ada beberapa keterampilan tambahan yang harus dipelajari untuk berhasil dibidang yang amat kompetitif ini.

Dalam artikel ini, gue pribadi bakal membagikan sedikit banyaknya pengetahuan gue soal dunia blogging. Meskipun masih minim pengalaman.

Alasan kenapa paling enggak kita tuh membuat blog?

Buat blog kayak lo gini mah susah. Mending yang praktis gratis aja yang udah siap pake aja. –Ujar salah satu teman gue saat pertama kalinya gue promosiin artikel pertama gue.

Jujur ya untuk pemula kayak gue gini emang susah banget, trial error nya pun banyak banget. Meskipun membuat blog susah di awal-awal. Tapi kenapa enggak?

Dengan membuat blog seengaknya kita bisa belajar hal baru, ini yang paling dasar banget memang. Semua orang pun pasti pingin menguasai sesuatu yang baru tentunya dengan minatnya masing-masing.

Alasan lain dari buku yang baru selesai gue baca kemarin judulnya Copywriter is Dead karya Budiman Hakim yang kerap disapa Om Bud. Di halaman pengantar bukunya beliau menceritakan pentingnya menyertakan portofolio tulisan kita melalui blog.

pentingnya membuat blog

Dari situ semoga ada sedikit gambaran bagi kalian yang ingin memulai bergelut di dunia kepenulisan. Langkah pertama dan yang paling mendasar adalah membuat blog.

Nah, di paragraf berikutnya gue akan mengingatkan kembali 5 hal penting yang gak boleh dilupakan sebelum membuat blog. Semoga bisa dipahami dan diambil manfaatnya yaaa kawan.

1. Membuat blog itu butuh banyak usaha

cr: pexels

Jujur nih, siapa yang kemakan iklan hasil pendapatan para blogger yang udah mencapai ratusan juta? I did. Haha. Awal banget gue agak menyepelekan bahwa blogging dan sebagai macamnya itu gampang, bisa lah gue cepet dapet duit dari adsense wkwk.

Pas dijalanin gak taunya butuh effort yang sangat luar biasa :( karena di rl gue gak memfokuskan ini yaudah kegiatan ini gue jadikan sambian aja alias effort but effortless. Omongannya @petearab emang selalu gue jadikan landasan teori dimanapun, ngerinya kalo gue jadikan landasan udara nanti dia malah nanem saham lagi. Ampuun dah.

Terus aneh gak si gue yang gak menjadikan blogging sebagai prioritas tiba-tiba bahas soal blogging? Disini gue mau menguji kesetiaan kalian untuk lanjut baca paragraf selanjutnya atau stop sampai disini yaa. Haha.

Setelah memasuki dunia blogging gue harap kalian yang baca ini bener-bener fokus dan telaten dibidang ini. Jangan mencontoh gue sama sekali yang bisanya cuman bilangin doang, buat nerapinnya masih harus ngumpulin mood extra.

Buat konten yang berkualitas tinggi minimal 300-500 kata per artikel, bagusnya sih 1000 kata ya per artikel. Tapi kalo gak bisa 1000 kata gapapa jangan dipaksa. Pelan-pelan aja, nanti gak kerasa kok kalo tulisan kita udah dapet 1000 kata aja.

Jangan lupa buat promosiin hasil tulisan kita di media sosial, di komunitas para blogger dan rajin-rajin blogwalking sekalian juga comment di artikel-artikel terbarunya. Berusahalah sekeras mungkin untuk menonjol. Catatan untuk yang ingin sukses di dunia perbloggingan.

2. Jangan Diniatin untuk Dapat Uang

Lah begimana? Niatnya emang mau cari passive income.

Ya, ya i know. Sesuatu yang diniatkan karena kita suka sama hal tersebut, uang bakal menyusul kemudian. Believe me!

Bacain artikel blogger sukses butuh waktu 3-6 bulan untuk bisa dikenal banyak orang, butuh 3 bahkan sampai 12 kali di tolak google adsense baru bisa memonetisasi blognya.

Gue pribadi pun, baru berani daftar adsense setelah blog gue berjalan selama 7 bulan. Memang sih gak ada drama penolakan dari google adsense, tapi setelah diterima untuk dapetin uang 100.000 pun butuh waktu yang cukup lama mengingat CPC Indonesia cuman 300 perak.

Lantas apa gue berhenti?

Enggak, gue terus lanjut dan mencoba cara lain. Banyak jalan menuju Roma, banyak juga jalan menghasilkan uang dari internet. Akhir-akhir ini gue lagi aktif ikut program affiliate, kalian bisa search di internet bagaimana cara melakukannya.

Internet itu luas, apapun yang kalian cari ada. Limitnya ini, diri kita sendiri. Mungkin lain waktu gue akan membahas soal jadi affiliate marketing yaa.

Oiya mampir dong ke artikel gue sebelumnya : Serial Netflix Dark Desire

3. Pilih niche yang lo bangett

Niche itu semacam penargetan untuk satu topik atau target marketing, jadi gak meluas kemana-mana. Memilih niche yang tepat adalah keberuntungan menurut gue. Selain kita bisa konsisten dalam menulis blog sampai kemudian hari, dengan niche yang tepat kita juga punya peluang untuk meraih keuntungan.

Berikut beberapa niche yang paling menguntungkanfinance, kuliner, parenting, wisata & travel, teknologi, kecantikan, game online, edukasi, otomotif, kesehatan, pengembangan diri.

Setelah lo tau apa minat lo, lo bisa mencapai ini dengan menawarkan layanan konsultasi, menjual kursus online, atau mendapatkan penghasilan melalui pemasaran afiliasi.

4. Konten adalah raja

cr: pexels

Untuk membuat blog dengan konten yang berkualitas, modal hobi nulis aja gak cukup kawan. Mungkin yang terbiasa nulis di buku harian, buat cerpen atau sekedar nulis artikel yang dikirim ke media online sih gampang yaa.

Tapi saat kalian mencoba untuk menjadi penulis solo, dalam artian lo sendiri yang membuat blog lo, mengelola situs lo. Banyak banget rentetan yang mesti di crosscheck berulang-ulang kali.

Mulai dari buat artikel yang SEO friendly, mikir keras gimana caranya artikel kita unik dan beda dari yang lain, milih kata biar artikel yang kita tulis bebas dari plagiarism. Ya macem-macem lah enak enggaknya.

Yang biasa nerbitin di media online walaupun gak mementingkan komponen yang gue sebutin tadi tapi mereka harus bersiap buat gak dapet kabar dari media tersebut dan harus ngirim ulang ke media lain.

Enak dan gaenak pasti selalu berdampingan.

5. Siap-siap belajar hal baru

Gak selesai cuman membuat blog, nulis, terbitin, sebar. Kita juga harus siap buat belajar hal baru di antaranya belajar SEO, pemasaran, analitik, google trending dan lain-lain.

Untuk memasarkannya sendiri pun gak serta merta upload di sosmed, minta temen buat baca tulisan kita atau beli produk kita. Kita juga harus memahami dasar-dasar apa itu SEO on-page, SEO off-page supaya artikel dari situs kita bisa terindeks google dan masuk di halaman pertama google.

Google cuman menampilkan artikel dengan kualitas terbaik untuk ditampilin di halaman pertamanya.

Jadi, yuk sama-sama kita terus belajar dan berusaha lebih keras lagi supaya bisa mengikuti jejak-jejak para blogger yang sudah sukses sebelumnya.

Semoga artikel “5 Hal yang Harus Diingat Sebelum Membuat Blog” bermanfaat untuk siapapun yang membacanya. Kalau ada pertanyaan boleh komentar di bawah yaa.

Tetap jaga kesehatan :)