Mendapatkan income dari internet pada saat ini bukanlah hal yang sulit. Justru sangat sangat gampang banget kalo kita tahu kebutuhan pasar dan cara menjualnya.

Bahkan bagi beberapa orang, sangat cepat sekali mendapatkan uang puluhan juta hingga ratusan juta hanya dari internet tanpa perlu capek-capek datang pagi ke kantor dan pulang pas udah gelap.

Meskipun gua belum menjadi salah satu di antara mereka yang udah mendapat income dari internet sampe berpuluh-puluh juta dalam waktu sekejap, tapi gua yang melihat cerita itu dan emang bener-bener nyata sesuai fakta, ada hasrat untuk jadi seperti orang-orang tersebut.

Dari berbagai ide dan inovasi yang udah banyak dibuat, mungkin ada baiknya gua coba untuk ngikutin inovasi-inovasi mereka dan sedikit dibumbui ide-ide yang gua punya.

Kenapa gak buat inovasi sendiri yang beda dari kompetitor? Sebenernya pengen banget buat ngelakuin hal demikian, tapi sebagai newbie di dunia per-internet marketing-an, gua bakal menyarankan hal-hal yang meskipun umum tapi udah gua lakukan dan ada hasil nyatanya.

Jadi Blogger Pilihan Pertama untuk Mendapatkan Income dari Internet

Hampir kurang lebih setahun yang lalu, gua memilih jalan ninja pertama gua supaya bisa mendapatkan income dari internet. Gak mengklaim diri sebagai blogger juga pada awalnya, cuman kepengen punya website/blog tapi pake hosting sendiri.

Alasannya klasik, ya penasaran aja. Kalo dibilang hobi nulis juga enggak, soalnya gua masih memanjakan mood gua yang kadang suka naik turun kayak Iman hehe. Intinya mah MulaiAjaDulu nanti juga SelaluAdaJalan.

Bener aja, 3 bulan setelah gua menuliskan beberapa artikel. Gua di undang ke acara blogger gathering buat ngereview makanan Padang di hotel bintang lima. Pengalaman sekaligus pendapatan pasif pertama gua di dunia per-blogger-an.

Gua menganggap blog ini sebagai buku harian versi digital dan versi siapa tau bisa dapet cuan #eeh. Makanya semua isi di blog ini banyak mengandung unsur-unsur dan tata bahasa yang ngasal alias suka-suka gua.

Ehh, biarpun begitu juga adsense masih mau nerima blog ini. Cieelah. Harap maklum aja karena keterima adsense gua bersamaan dengan rilisnya film the box oppa chanyeol di bioskoopp Indonesiaaa!!! 

Kurang afdol rasanya membagikan kisah blog ini diterima adsense tanpa ngasih tau gimana cara mulainya. Oke, gua jelasin nih.

Hal pertama yang harus dilakuin adalah. Buat blognya dulu!

Gua pernah dapet komentar kayak gini saat gua ngepost tulisan pertama gua di blog ini “kenapa gak di wattpad aja si neng nulisnya?”. Tapi komentar ini udah gua hapus, karena waktu pertama kali nulis masih kurang percaya diri jadi setiap ada komentar yang gak ngeenakin langsung cepet-cepet dihapus.

Memang si platform-platform nulis gak mengeluarkan biaya. Gak tau kenapa, gua lebih suka kalo punya media publikasi buat diri sendiri gitu.

Karena bebas untuk membuat tampilan blog yang seperti apa, tulisan yang bagaimanapun bahasanya asal gak ngelanggar norma, bisa juga buat jualin merchandise ala-ala personal branding yang kita punya. Atau menggandakan pasif income lainnya, ikut program affiliasi terbaik misalnya.

Simpelnyaa, gua akan memberikan informasi dan mengajak kalian untuk membuat website bersama exabytes.

Sebelum memutuskan untuk buat blog, minimal banget kalian udah tau informasinya. Misal, mau pake Sistem Manajemen Konten atau CMS apa, mau buat website dengan niche seperti apa, nama domain yang kayak gimana supaya website kalian bisa diingat orang.

Oiya, dalam memilih nama domain pun, alangkah baiknya kalo dipikirkan matang-matang. Karena nama domain gak bisa diganti seperti username, bisa diganti tapi beli baru.

Sudah begitu, kalaupun kalian gak punya pengalaman blogging dan pengetahuan koding yang jelimet. Saat kalian memilih untuk beli hosting di exabytes, sebagai layanan hosting terbesar se Asia Tenggara kalian gak akan kesulitan untuk mengoperasikan website kalian, karena mereka sudah menyiapkan video edukasi yang sangat mudah untuk dipahami.

Jadi gak usah beralasan lagi “gua gak faham, gua gak jago dsb”. Sekarang informasi apapun sangat berlimpah di internet, unlimited. Limitnya hanya diri kita sendiri.

Beli hosting gratis domain .COM di exabytes

Ini berlaku buat yang pengen punya blog pake hosting pribadi, bukan pake subdomain wordpress.com yaa. Emang apa sih bedanya?

Bedanya kalo pake hosting pribadi kita bakal gunain CMS wordpress.org dan pastinya blog kita ini bisa kita buat jadi berbagai macam custom mulai dari blog pribadi, toko online atau bahkan bikin platform semacam komunitas atau kursus online.

Nah, dalam memilih hostingnya pun kita gak boleh ngasal guise. Gak papa ngeluarin sedikit lebih banyak uang daripada murah tapi ke suspend mulu:”)

Karena dari keamanan dan kecepatan sebuah website atau toko online itu berpengaruh banget tau gak si, buat reputasi branding kita, salah satunya.

Karena banyak dibahas di forum “padahal isi webnya bagus tapi loadingnya luuaammaaaaa bangeeetttt!”. Nah lho!

Secara pribadi, gua merekomendasikan untuk yang kebetulan mau baca blog ini dan berniat untuk dapet info berharga dari sosok nandanadva *ciaelah* untuk beli kebutuhan domain dan hosting kalian di exabytes.

Izinkan gua untuk menjelaskan kelebihan dan fitur apa yang bisa kalian dapat, kenapa harus beli disana dan harus pilih paket yang mana?

Gua akan merekomendasikan bagi UKM yang mau go-online alangkah baiknya untuk memilih paket Grow Pro. Selain beli hosting gratis domain, banyak banget keuntungan yang bisa kalian ambil kalau pilih paket ini:

Income dari Internet

Rekomendasi paket grow pro

worth it g? worth it g? worth it la masa g. Kalo websitenya cuman sekedar ngeblog-ngeblog ringan, ada kok pilihan lain yang disediakan exabytes dengan storage yang lebih kecil atau lebih besar dari Paket Grow Pro.

Dan gak lupa untuk ngasih tau info lainnya, untuk membuka pintu rezeki kalian yang lain. Exabytes memiliki program affiliasi terbaik, dan program ini bisa kalian ikutin secara gratisss!

Dengan mengikuti program afiliasi terbaik dari exabytes, kalian akan diberikan link referral yang bisa dibagikan ke seluruh platform media sosial, supaya bisa mendapatkan keuntungan hingga 1 juta rupiah.

Membuat kursus online, sebagai peluang kedua mendapatkan income dari internet

Sekitar 2 minggu yang lalu, gua buka kursus online seadanya tentang copywriting sebagai pemenuhan untuk tugas KKN-DR. Yang memang saat ini gua sedang menjadi mahasiswa semester akhir, mohon doanya ya supaya skripsi ekye bisa berjalan lancar.

Gua kepikiran buat buka kursus online ini via telegram dan pesertanya pun juga masih sesama anggota di forum. Meskipun kursus ini gua adakan gratis, alhamdulillah dari 19 peserta yang berpartisipasi ada beberapa dari mereka yang memberikan gua tips.

Padahal udah ditolak mentah-mentah, tapi karena mereka tau nomor ewallet gua (sebelumnya pernah bertransaksi) ya gimana, gak bisa ditolak juga kan. Dan ada juga yang merekomendasikan gua untuk sedikit di poles dikit lagi, supaya bisa dapet income dari internet.

Kepikiran sama omongan mereka, gua search tuh berapa persen kemungkinan untuk dapat income dari internet via kursus online, berapa banyak juga kompetitornya, apa kekurangannya dan apa kelebihannya.

Kalo dari ceritanya Mbak Indri Ariadna di artikelnya

peluang kursus online

Gimana? Tertarikkah untuk buka kursus online sebagai alternatif lain dapet income dari internet?

Kalau tertarik boleh dicoba dari hal-hal yang dirasa kita mumpuni dalam bidang tersebut, jangan ragu yaa untuk memulainya.

Materi yang disampaikan juga bisa berupa pdf yang bisa diunduh banyak orang atau video edukasi dengan durasi sampai puluhan jam.

Dan yang paling banyak diminati peserta adalah kursus bisa diakses lifetime dan materi yang diberikan isinya daging semua.

Untuk promosinya, bisa dipasarkan melalui website pribadi, platform, dan bisa juga dibuat sebagai produk afiliasi.

Mungkin buka kursus online, bisa gua seriusin di kemudian hari untuk dapat income dari internet.

Menjual produk digital

foto : invent.id

Di bandingkan produk fisik yang banyak makan waktu, tenaga, dan modal untuk segala manajemennya. Jual produk digital sebagai alternatif lain yang bisa diupayakan untuk mendapat income dari internet, secara lebih efisien dari sisi modal dan waktu.

Banyak produk-produk digital yang berlisensi PLR (Private Label Rights), dimana kita bisa jual lagi sesuai harga yang kita inginkan dengan 100% pemasukan untuk kita dan mengklaim 100% bahwa produk ini milik kita.

Kalian hanya perlu mencari dan membeli produk-produk berlisensi plr, terus sedikit melakukan rebranding untuk produknya mulai dari mengubah nama produknya, membuat cover baru untuk produknya, memodifikasi produk (bisa digabung dengan produk lain atau di pecah menjadi produk lain), jual deh.

Secara, kalau kita membuat dari awal produk digital versi kita tentunya bisa memakan waktu dan tenaga, ya, kan? Gampang banget ya sekarang apa-apa untuk dapat income dari internet, tapi itu semua tergantung ke diri kita masing-masing seberapa pintarnya kita dalam mengambil peluang.

Sekian artikel kali ini. Semoga ada pelajaran yang bisa diambil manfaatnya, dan dipersilahkan kalau ingin membagikan atau menambahkan pengalaman kalian di kolom komentar yaa!

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan 🙂