Ceritanya, dua minggu yang lalu gua di kontak untuk bergabung ke acara blogger gathering di Mandeh. Kaget banget sih, karena gua gak punya pengalaman di dunia kuliner, saat di kontak gua gak ada pilihan buat nolak, karena kalo gua tolak mungkin selamanya gua ga akan bisa dapetin pengalaman ini lagi, kan?

Sekiranya gua masih punya waktu buat baca-baca food review di blog orang-orang yang lebih berpengalaman.

Alasan gua mengiyakan bukan cuman sekedar konten, tapi kenapa gua bisa di undang? Jadi gua harus cari tau jawaban ini secara langsung tanpa perantara haha.

Kamus kuliner yang selama ini gua tau kan cuman enak dan ga enak, kurang asin, kurang pedes, keasinan, kepedesan, dsb, hanya sebatas itu. Gak bener-bener yakin sama feedback yang bisa gua kasih nantinya, tapi dicoba dulu lah.

Langsung aja cerita di tanggal 20 September 2020 alias hari Minggu kemarin, soalnya sebelum hari H terlalu banyak kendala. Eh, tapi gak cuman sebelum hari H deng! Sebelum berangkat juga ada aja kendala, belom lagi hari Minggu hujannya awet banget yang buat kepala gua pusing tujuh keliling.

Hidup kan suka bercanda gitu, kalo gak ada kendala gak akan ada cerita.

Baca juga : (Review) Ximilu – Es Buah Tanpa Susu dan Santan

Suasana Restoran Mandeh

Restoran Mandeh

Gak seperti restoran Padang lainnya yang biasa ada di ruko-ruko atau food hall. Restoran yang baru buka pada tanggal 15 Agustus 2020 kemarin punya keunikannya sendiri dan konsep yang gak tanggung-menanggung langsung di dalam hotel bintang Lima tjhuuyyy!

Dari tempatnya aja emang udah bagus banget, bersih juga. Jadi gak ada salahnya kan buat sekali-kali coba suasana baru, makan masakan Padang di hotel bintang Lima! Di nett dari harga Rp 50.000-100.000 per orang, jadi buat temen-temen yang mau self-reward boleh di coba nih dateng ke restoran ini.

Lokasi persisnya ada di Lantai dasar hotel JHL Soltaire Gading Serpong, buka setiap hari dari jam 10.00-22.00 WIB.

Berhubung saat ini lagi musim pandemi, temen-temen gak perlu khawatir, karena Mandeh tetap memberlakukan protokol kesehatan bahkan sangat ketat, seluruh staff dan pelayannya pun menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Ini salah satu chefnya namanya chef Andre. Chef Andre yang menjelaskan tentang konsep restoran Padang yang sederhana kemudian ditranformasikan ke dalam hotel bintang Lima.

Mottonya adalah “Selalu mengedepankan kualitas makanannya”.

Untuk saat ini, belom bisa dipesan via grab food atau go food karena Mandeh tidak bekerja sama dengan pihak ketiga, sehingga untuk pengantaran makanannya akan diantar sendiri oleh staff Mandeh.

Gua tuh tipe orang yang kalo beli makanan di luar harus banget yang baru diangkat dari penggorengannya, kenapa? Karena kalo udah dingin pasti udah banyak terkontaminasi sama bakteri-bakteri yang gak terlihat, lagi juga rasanya udah agak ga enak sih yaaa.

Setiap restoran atau rumah makan pasti semua menunya udah di masak dari sebelum buka, penyimpanan makanannya kan juga beda-beda. Ada yang sekedar di taro di etalase dan di tutup hordeng biasa atau pake tudung saji dan masih banyak lah macam-macam cara menyimpannya. Tapi di restoran ini tuh beda setiap makanan yang dimasak langsung di wrapping demi menjaga kehigienisan makanannya untuk sampai di perut pelanggan.

Semua menu emang udah dimasak lebih awal, tapi ada satu menu yang baru dimasak pas ada yang pesan aja, yaitu menu seafood. Jadi selama prosesnya pelanggan yang pesan menu ini harus siap menunggu selama 10-15 menit supaya pas dimakan rasanya lebih endulita, jyujyur, enak banget gak boong, mo meninggal wkwk.

Terus juga nih, kalo udah tutup dan masih ada sisa makanan pasti dibuang, mau itu sisa banyak atau sedikit. Jadi setiap hari bahan bakunya selalu masih fresh lho temen-temen!

Ronde Pertama

Sesi pertama
Menu favoritnya nih gais

Ini adalah piring yang berisikan nasi, emping, telor di cabein, sambel cabe ijo, dan satu lagi apa tuh yang item-item?

Ini dia nih, menu utamanya Ayam Gulai Hitam Galundi! Kata Chef Andre, ayam gulai hitam ini berasal dari daerah Solok biasanya ini jadi menu wajib yang harus dihidangkan saat ada acara besar seperti acara pernikahan, pertemuan keluarga dan acara hari raya.

Warnanya emang hitam pekat banget, tapi ayam gulai hitam galundi ini punya tekstur yang empuk dan rasanya yang gurih. Jarang emang rumah makan Padang (noted) di luar Padang nya yang jual menu satu ini, tapi kalo temen-temen penasaran sama rasanya boleh nih dateng ke Mandeh karena menu ini selalu avaliable.

Rendang paling enak

Menu selanjutnya itu ada rendang, nah rendangnya ini punya warna hitam yang pekat. Hashtag nya aja #citarasaPadangasli jadi teksturnya itu bener-bener kering, dimakannya juga empuk banget terus pas dikunyah tuh kayak lansung hancur aja gitu di dalem mulut. Gatau ya pokoknya enak banget, gak pelit bumbu juga jadi rempah-rempahannya kerasa banget gitu, serius gak boong.

Mini bar ala mandeh
Taruang balado

Kalo di Mandeh, mini bar nya itu gak tersedia alkohol ya temen-temen, jadi cuman minuman sehat aja yang ada disini, contohnya kayak Taruang balado ini campuran dari terong belanda dan mango juice yang pastinya seger banget. Kebayang gak sih gimana perasaannya udah makanannya bersih terus juga sehat mewah pula?

Ronde Terakhir

Es tebak

Ada jeli, agar-agaran, tape, kolang-kaling dan lain sebagainya semacam es campur, tapi ini teh namanya es tebak. Manisnya tuh gimana ya? Pas aja gitu di lidah gua, kayak otomatis ngepas aja gitu rasanya di mulut setiap orang. Nagih banget sih!

Roti canai kuah kari

Terakhir nih, sejauh ini gimana? Yakin gak mau coba? Udah ngiler kan?

Roti canainya enak banget, gak ngerti lagi pokoknya. Terus dalem kuah karinya tuh ada ayam suirnya lagi, mantep banget! Sekali lagi gua tegasin bener-bener gak pelit bumbu!

FYI

Setelah baca review gua ini, kalo mau di cross check menu-menu Mandeh bisa hubungi whatsapp booking yang ada di link bio instagramnya @mandehpadangasli, berlaku juga buat temen-temen yang mau melakukan reservasi.

Dan kebetulan khusus bulan ini ada promo lho 20% kalo makan di tempat. Khusus bulan ini ajaaa, catet!

Cukup segini aja dulu review jujur-jujuran ala gua. Sampai bertemu di wisata kuliner selanjutnya wkwk. Salam manis dari gua si cewe doyan makan tapi gak gemuk-gemuk :((

The queen of doyan makan tapi gak gemuk-gemuk

Dengan #DirumahAja kamu bisa lindungi keluarga dengan berbelanja di Orami, banyak promo menarik lainnya!